STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Fikih
Jumlah Jam
Pelajaran : 18 jam / minggu
Waktu : 40 Menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar tentang dasar-dasar ilmu fikih dan
mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami rukun Islam yang pertama
(syahadatain)
|
1.1. Melafalkan dua kalimat syahadat dengan
fasih.
1.2. Menjelaskan pengertian syahadat Tauhid.
1.3. Menjelaskan pengertian syahadat Rasul.
1.4. Dapat membedakan syahadat Tauhid dan
Syahadat Rasul.
1.5. Terbiasa membaca dua kalimat syahadat
|
2. Memahami konsep thaharah
|
2.1. Menjelaskan pengertian dan dasar hukum
thaharah.
2.2. Menyebutkan ketentuan thaharah dalam Islam.
2.3. Menyebutkan tujuan dan hikmah thaharah.
2.4. Mempraktikkan cara bersuci (wudhu,
tayammum, istinja’ dan mandi janabah).
|
3.
Memahami tata cara berwudhu, tayammum, istinja’ dan mandi janabah
|
3.1. Menjelaskan pengertian dan dasar hukum
wudhu, tayammum, istinja’ dan mandi janabah.
3.2. Menyebutkan ketentuan berwudhu, tayammum,
istinja’ dan mandi janabah.
3.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah wudhu
tayammum, istinja’ dan mandi janabah.
3.4. Mempraktikkan cara berwudhu, tayammum
istinja’ dan mandi janabah dengan benar.
|
4.
Memahami tata cara adzan dan iqamah
|
4.1. Melafalkan bacaaan adzan dan iqamah dengan
baik.
4.2. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum azan
dan iqamah.
4.3. Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah.
4.4. Mempraktikkan azan dan iqamah.
|
5.
Menguasai bacaan-bacaan dalam shalat.
|
5.1. Menghafal bacaan-bacaan shalat.
5.2 Memahami arti setiap bacaan shalat.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami Tata Cara Shalat Maktubah
|
1.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
shalat.
1.2. Menjelaskan ketentuan shalat.
1.3. Menyebutkan jenis-jenis shalat maktubah.
1.4. Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat.
1.5. Mempraktikkan tata cara shalat beserta
bacaannya.
|
2. Memahami tata cara shalat sunnah
|
2.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
shalat sunnah.
2.2. Menjelaskan ketentuan dan macam-macam
shalat sunnah.
2.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat
sunnah.
2.4. Mempraktikkan shalat sunnah.
|
3.
Memahami tata cara shalat jamak dan qashar
|
3.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
shalat jamak dan qashar.
3.2. Menjelaskan ketentuan shalat jamak dan
qashar.
3.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat jamak
dan qashar.
3.4. Mempraktikkan tatacara shalat jamak dan
qashar.
|
KELAS III (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami ajaran Islam tentang zakat mal
|
1.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
zakat mal.
1.2. Menyebutkan macam-macam zakat mal.
1.3. Menjelaskan ketentuan tentang zakat mal..
1.4. Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat mal.
|
2.
Memahami ajaran Islam tentang zakat fitrah
|
2.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
zakat fitrah.
2.2. Menjelaskan ketentuan tentang zakat fitrah.
2.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat
fitrah..
|
3.
Memahami ajaran Islam tentang infak, shadaqah, dan wakaf
|
3.1. Zakat menjelaskan pengertian dan dasar
hukum infak, shadaqah, dan waqaf.
3.2. Menyebutkan ketentuan tentang infak
shadaqah, dan waqaf.
3.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah infak
shadaqah dan waqaf.
|
KELAS IV (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami ajaran Islam tentang haji dan
umroh
|
1.1. Menjelaskan pengertian dan dasar hukum haji
dan umroh.
1.2. Menjelaskan tujuan dan hikmah ibadah haji
dan umroh.
1.3. Mempraktikkan manasik haji dan umroh.
1.4. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan etos
ibadah haji dan umroh.
|
2.
Memahami jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan haram
|
2.1. Menyebutkan jenis-jenis makanan dan
minuman yang halal dan haram.
2.2. menyadari pentingnya mengonsumsi makanan
dan minuman yang sehat dan halal.
2.3. Membiasakan memakan makanan dan minuman
yang halal dan menghindari makanan dan minuman yang haram.
|
3.
Mengetahui jenis-jenis hewan yang halal dan haram dikonsumsi serta
memahami cara penyembelihannya.
|
3.1. Menyebutkan jenis-jenis hewan yang halal
dan haram dikonsumsi.
3.2. Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan.
3.3. Menyebutkan hewan yang halal dan yang perlu
disembelih dan yang tidak perlu disembelih.
3.4. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
sikap sayang terhadap binatang.
3.5. Menunjukan perilaku yang mencerminkan sikap
sayang terhadap binatang
3.6. Terbiasa menyembelih dengan sesuai dengan
syariat mengemukakan dalil-dalil menjelaskan disyariatkannya qurban, aqiqah
dan khitan.
|
4.
Memahami ajaran Islam tentang qurban, aqiqah dan khitan
|
4.1. Menjelaskan pengertian dan dasar hukum
qurban, aqiqah, dan khitan
4.2. Menyebutkan ketentuan dan tatacara qurban, aqiqah
dan khitan
4.3. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
sikap menjunjung tinggi nilai dan hikmah disyariatkannya qurban, aqiqah dan
khitan
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Al- Qur’an
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN
al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar
tentang al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Hafal Surah al-FAtihah
|
1.1. Membacakan dengan makhrijul huruf yang
tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2. Mempertebal/memperjelas teks surah al-Fatihah
dengan baik dan benar.
1.3. Mengetahui arti surah al-fatihah dengan
baik.
|
2. Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dan
bersambung
|
2.1. Menulis huruf-huruf hijaiyah secara
terpisah dengan benar.
2.2. Menulis huruf-huruf hijaiyah secara
bersambung dengan benar.
|
3.
Hafal Surah al-Ikhlas
|
3.1. Membaca dengan makhrjul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
3.2. Mempertebal/memperjelas teks surah
al-Ikhlas dengan baik dan benar.
3.3. Mengetahui arti Surah al-Ikhlas dengan baik.
|
4.
Memahami kaidah ilmu tajwid
|
4.1. Mengetahui kaidah bacaan idghom, ikhfa’,
qolqolah dan lainnya.
4.2. mengenal bacaan wakaf dan wasal.
4.3. Mempraktikkan bacaan al-Qur’an sesuai
kaidah tajwid..
|
KELAS II, Semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Hafal Surah al-Nas
|
1.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tarti)
1.2. Menulis kembali surah al-Nas dengan Khot
yang benar.
1.3. Mengetahui arti surah al-Nas dengan baik.
|
2. Hafal Surah al-Falaq
|
2.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
2.2. Menulis kembali surah al-Falaq dengan khot
yang benar.
2.3. Mengetahui arti surah al-Falaq dengan baik..
|
3.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1. Mengenal
tanwin dan nun mati
3.2. Mengenal hukum idzhar tanwin dan nun mati.
3.3. Mengidentifikasi bacaan idzhar dalam
al-Qur’an.
|
KELAS III, Ssemester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Hafal surah al-Fill
|
1.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2. Menulis kembali surah at-Fill dengan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
1.3. Menghafal Surah At-Fill dengan lancar
1.4. Menjelaskan kandungan Surah At-Fill secara
sederhana.
|
2.
Hafal surah takatsur
|
2.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
2.2. Menulis kembali surah at-Takatsur dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
2.3. Menghafal Surah at-Takatsur dengan benar.
2.4. Menjelaskan kandungan Surah at-Takatsur
secara sederhana.
|
3.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1. Mengenal hukum idgham bila ghunnah tanwin
dan nun mati.
3.2. Mempraktikkan bacaan idgham bila ghunnah
3.3. Mengidentifikasi bacaan idgham bila
ghunnah.
|
4.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
4.1. Mengenal hukum idgham bila ghunnah tanwin
dan nun mati.
4.2. Mempraktikkan bacaan iqlab.
4.3. Mengidentifikasi bacaan iqlab.
|
5.
Hafal Surah al-Qari’ah
|
5.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
5.2. Menulis kembali surah al-Qari’ah dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
5.3. Menghafal surah al-Qari’ah dengan lancar.
5.4 Menjelaskan kandungan surah al-Qari’ah
secara sederhana
|
KELAS IV, Semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Hafal Surah at- Tin
|
1.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2. Menulis kembali surah at-Tin dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
1.3. Menghafal surah at-Tin dengan lacar.
1.4. Menjelaskan kandungan surah at-Tin secara
sederhana.
|
2.
Hafal Surah Insyirah
|
2.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
2.2. Menulis kembali surah al-Insyirah dan
menterjemahkannya kedalam bahasa Indonesia.
2.3. Menghafal surah al-Insyirah dengan lancar.
2.4. Menjelaskan kandungan surah al-Insyirah
dengan baik.
|
3.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mim dan nun bertasydid.
|
3.1. Mengenal huruf ghunnah
3.2. Mempraktikkan bacaan ghunnah.
3.3. Mengidentifikasi bacaan ghunnah.
|
4.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mim mati.
|
4.1. Mengenal hukum ikhfa’syafawi mim mati.
4.2. Mempraktikkan bacaan ghunnah.
4.3. Mengidentifikasi bacaan ikhfa’syafawi.
|
5.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mim mati.
|
5.1. mengenal hukum idgham mutamatsilain mim
mati.
5.2. Mempraktikkan bacaan idgham mutamatsilain
mim mati.
5.3. Mengidentifikasi bacaan idgham mutamatsilain.
|
6.
Hafal Surah al Alaq
|
6.1. Membaca dengan makharijul huruh yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
6.2. Menulis kembali surah al-Alaq dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
6.3. Menghafal surah al-Alaq
dengan lancar.
6.4. Menjelaskan kandungan surah al-Alaq dengan
sederhana.
|
7.
Memahami Surah al-Dhuha
|
7.1. Membaca dengan makharijul huruh yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
7.2. Menulis kembali surah
al-Dhuha dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
7.3. menghafal surah al-Dhuha
dengan lancar.
7.4. menjelaskan kandungan surah al-dhuha dengan
sederhana.
|
8.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mad.
|
8.1. Mengenal hukum mad thabi’i
8.2. Mempraktikkan bacaan mad wajib muttashil.
8.3. Mengidentifikasi bacaan mad wajib muttashil
|
9.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang mad.
|
9.1. Mengenal hukum mad wajib muttashil
9.2. mempraktikkan bacaan mad wajib muttashil.
9.3. Mengidentifikasi bacaan mad wajib
muttashil.
|
10. Mengenal kaidah ilmu tajwid
tentang mad.
|
10.1. Mengenal hukum mad jaiz
munfashil.
10.2. Mempraktikkan bacaan mad
jaiz munfashil.
10.3. Mengidentifikasi bacaan mad
jaiz munfashil.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Hadis
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN
al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam
lingkup Hadis dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH ULA / AWWALIYAH
KELAS I, semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang
kebersihan dengan fasih dan benar
|
1.1. Menghafal hadis-Hadis pendek tentang
urgensi kebersihan.
1.2. Menerjemahkan dan mempertebal / memperjelas
teks hadis tentang kebersihan.
1.3. Menampilkan prilaku bersih di lingkungan
sekitar..
|
2.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban menghormati orang tua
|
2.1. Menghafal hadis-hadis pendek tentang
kewajiban menghormati orang tua.
2.2. Menerjemahkan dan mempertebal\ memperjelas
teks hadis tentang kewajiban menghormati orang tua.
2.3. Menunjukkan sikap menghormati orang tua
dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban bertakwa.
|
3.1. Menghafal hadis-hadis pendek tentang
kewajiban bertakwa.
3.2. Menerjemahkan dan mempertebal / memperjelas
teks hadis tentang kewajiban bertakwa.
3.3. Menunjukkan cirri-ciri orang yang
benar-benar bertakwa secara sederhana.
3.4. Menampilkan prilaku bertakwa di mana saja
berada.
|
4.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang salat berjamaah, dan cirri-ciri
orang munafik.
|
4.1. Menghafal hadis –hadis pendek tentang
keutamaan salat berjamaah dan cirri-ciri orang munafik.
4.2. Mempertebal / memperjelas teks hadis
tentang keutamaan shalat berjamaah dan cirri-ciri orang munafik.
4.3. Menunjukkan kegemaran shalat berjamaah
setiap hari.
4.4. Menampilkan prilaku jujur dan amanah.
|
KELAS II, Semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang
beberapa akhlak mulia.
|
1.1. Menghafal hadis tentang wajib hidup jujur
dan menjauhi sifat pembohong dan penghianat.
1.2. Menterjemahkan hadis tentang wajib hidup
jujur dan menjauhi sifat pembohong dan penghianat.
1.3. Menerapkan hidup jujur dan menjauhi sifat
bohong dan khianat.
1.4. Menulis kembali hadis-hadis pendek tentang
macam-macam akhlak al-karimah dan akhlak al-madzmumah.
1.5. Menunjukkan sikap berakhlak mulia dalam
kehidupan sehari-hari.
1.6. Melaksanakan aturan-aturan dan norma-norma
yang berlaku di keluarga dan masyarakat.
|
2.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban bersikap toleransi
dan saling menghargai.
|
2.1. Menulis kembali hadis tentang pentingnya
sikap toleransi dan saling menghargai.
2.2. menghafal hadis tentang pentingnya sikap
toleransi dan saling menghargai.
2.3. Menunjukkan contoh sikap-sikap toleransi
dan saong menghargai.
2.4. Melaksanakansikap-sikap toleransi dengan
saling menghargai di mana saja berada.
|
3.
Melafazkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban patuh terhadap kepada
guru.
|
3.1. Menghafal teks hadis tentang kewajiban
taat kepada guru.
3.2. Menterjemahkan teks hadis tentang kewajiban
taat kepada guru.
3.3. Mengenal nilai kepatuhhan, kedisiplinan dan
senang belajar dalam kehidupan sehari-hari.
3.4. Melaksanakan perilaku patuhh, sopan,
tawadlu’ dan disiplin di mana saja berada.
|
KELAS III, Ssemester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami makna hadis persaudaraan,
silaturrahim dan persahabatan.
|
1.1. Menghafal bunyi hadis tentang kewajiban
ukhuwah islamiyah, silaturrahim dan persahabatan.
1.2. Menterjemahkan hadis tentang kewajiban
ukhuwah islamiyyah, silaturrahim dan persahabatan.
1.3. Mengenal kandungan makna silaturrahim dan
hubungannya dengan ukhuwah al slamiyyah.
1.4. Mengamalkan kegiatan silaturrahim dan
persahabatan sejati (al-hubb fillah) dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
Memahami hadis tentang rukun Iman.
|
2.1. Menghafal bunyi hadis tentang 6 rukun iman.
2.2. menterjemahkan serta menulis kembali hadis
tentang 6 rukun iman
2.3. Memberikan contoh hidup beriman kepada
Allah, Malaikat, Kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, Hari Kiamat dan Takdir
Allah SWT di mana saja berada.
|
3.
Memahami hadis tentang pentingnya sikap pemaaf dan penyayang kepada sesama
makhluk Allah.
|
3.1. Menghafal teks hadis tentang kewajiban
bersikap pemaaf dan penyayang kepada sesama makhluk Allah SWT.
3.2. Menterjemahkan hadis tentang kewajiban
bersikap pemaaf dan penyayang kepada sesama makhluk Allah SWT.
3.3. Memberikan contoh sikap pemaaf dan
penyayang, baik kepada sesama manusia, tumbuhan dan hewan.
3.4. Menampilkan perilaku pemaaf dan penyayang
baik kepada sesama manusia, tumbuhan dan hewan.
|
4.
Memahami hadis tentang muslim/muslimah yang paling baik.
|
4.1. Menghafal teks hadis tentang sebaik-baiknya
manusia adalam yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.
4.2. Menterjemahkan hadis tentang sebaik-baik
manusia adalam paling bermanfaat bagi manusia lainnya..
4.3. Mengenal jati diri muslim/muslimah yang
baik, seperti toleransi (at-Tasamuh), adil (Ad-Adl), dan moderat (At-
Tawassuth) kepada sesama makhluk Allah.
4.4. Menampilkan rasa bangga sebagai
muslim/muslimah Indonesia.
|
KELAS IV, Semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mamahami hadis tentang rukun Islam..
|
1.1. Menghafal teks hadis tentang 5 rukun Islam.
1.2. Menterjemahkan hadis tentang 5 rukun Islam
1.3. Memberikan contoh hubungan Iman dengan
Islam dalam kehidupan sehari-hari..
1.4. Menerapkan rukun Islam dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2.
Memahami hadis tentang ihsan
|
2.1. Menghafal teks hadis tentang Ihsan.
2.2. Menterjemahkan hadis tentang Ihsan
2.3. Menerapkan nilai-nilai Ihsan dalam
bermain/bergaul, belajar, beribadah dan berhubungan sosial.
2.4. Melaksanakan Ihsan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
3.
Memahami hadis tentang salat berjamaah
|
3.1. Menghafal teks hadis tentang salat
berjamaah.
3.2. Menterjemahkan hadis tentang salat
berjamaah.
3.3. Menulis kembali hadis tentang salat
berjamaah.
3.4. Membiasakan shalat berjamaah dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.
Memahami hadis tentang menyayangi anak yatim.
|
4.1. Menghafal teks hadis tentang menyayangi
anak yatim.
4.2. Menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak
yatim.
4.3. Menulis kembali hadis tentang kewajiban
menyayangi anak yatim.
4.4. Menjelaskan isi kandungan hadis tentang
menyayangi anak yatim secara sederhana..
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akidah
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami hakikat Tauhid kepada Allah SWT.
|
1.1. Menjelaskan makna dasar Tauhid.
1.2. Menjelaskan pengertian dan cakupan tauhid
kepada Allah SWT.
1.3. Melaksanakan Perilaku “tauhidy” dalam kehidupan keseharian.
|
2.
Memahami serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin
|
2.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Allah
sebagai Rabbul ‘Alamin
2.2. Menjelaskan perbedaan Kholiq dan Makhuq mengenali
Dzat, Sifat dan Af’al-Nya.
2.3. Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat
wajib Allah (sifat Nafsiyah, Salbiyah,
Ma’ani, dan Ma’nawiyah). Sifat Mustahil bagi Allah dan Sifat Jaiz bagi
Allah.
2.4. Menjelaskan makna al Asma’ al Husna dan
implementasinya bagi manusia sebagai makhluk Allah Rabbul ‘Alamin.
2.5. Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah
SWT.
|
3.
Memahami kebesaran Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1. Menjelaskan makna dan implementasi
dzikrullah.
3.2. menjelaskan makna dan implementasi tafakkur dan tadabbur.
3.3. Melaksanakan perilaku syukur dalam
kehidupan sehari-hari..
|
4.
Memahami dan mengimani Malaikat Allah
|
4.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Malaikat
Allah SWT.
4.2. Menguraikan tugas-tugas Malaikat Allah SWT.
4.3. Menjelaskan perilaku dan sifat Malaikat
Allah SWT.
4.4. Menyebutkan dalil-dalil iaman kepada
malaikat Allah.
4.5. Melaksanakan perilaku Ta’abudy dalam
kehidupan sehari-hari.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami dan meyakini/mengimani
kitab-kitab suci Allah
|
1.1. Menyebutkan dalil tentang mu’jizat
al-Qur’an.
1.2. Menjelaskan hakikat kitab suci Allah.
1.3. Menjelaskan hubungan ayat-ayat Qauliyah dan
Kauniyah.
1.4. Menjelaskan fungsi dan mu’jizat al-Qur’an.
1.5. Mempraktekkan perilaku Qur’ani dalam
kehidupan sehari-hari..
|
2. Memahami Rasul-Rasul Allah.
|
2.1. Menjelaskan makna dan misi kerasulan.
2.2. Menjelaskan hubungan antara wahyu dan
rasul.
2.3. Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT.
2.4. Menyebutkan Rasul-Rasul yang mendapat gelar
Ulul ‘azmi.
2.5. Menguraikan makna mu’jizat bagi para Rasul
2.6. Menguraikan kerarulan Muhammad SAW sebagai khatamil
anbiya wal mursalin.
2.7. Mempraktekkan perilaku mulia sebagaimana
dicontohkan para Rasul.
|
3.
Memahami dan mengimani hari Akhir.
|
3.1. Menyebutkan dalil tentang iman kepada hari
akhir.
3.2. Menjelaskan makna beriman kepada hari
akhir.
3.3. Menjelaskan tentang alam barzakh.
3.4. Menguraikan tentang kebangkitan di akhirat
(kebangkitan danperhitungan amal)
3.5. Menjelaskan hakikat surga dan
neraka.
3.6. Menunjukkan sikap kehati-hatian dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4.
Memahami dan meyakini hakikat Qadha dan Qadar Allah.
|
4.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Qadha’ dan
Qadar Allah.
4.2. Menjelaskan hubungan Qadha’ dan Qadar Allah
terhadap manusia
4.3. Menjelaskan pentingnya memiliki etos
kerja/berusaha dalam kehidupan.
4.4. Menyebutkan dalil tentang iman kepada Qadha
dan Qadar Allah SWT.
|
KELAS III (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami dan menjelaskan bentuk-bentuk
tauhid dalam kehidpan sehari-hari.
|
1.1. Menjelaskan relasi iman, Islam dan Ihsan.
1.2. Menjelaskan hubungan fungsional antara
Tauhid dan Akhlak.
1.3. Menyebutkan dalil tentang hubungan Iman,
Islam dan Ihsan.
1.4. Menampilkan perilaku “tauhidy” dalam
kehidupan keseharian.
|
2.
Memahami dan meyakini serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin.
|
2.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Allah
sebagai Rabbul ‘Alamin.
2.2. Menjelaskan perbedaan Kholiq dan makhluq mengenali
Dzat, sifat, dan afal-Nya.
2.3. Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat
Wajib Allah (sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani dan Ma’Nawiyah), sifat Mustahil
bagi Allah dan sifat Jaiz bagi Allah.
2.4. Menjelaskan makna Al Asma’ al
Husna dan implementasinya bagi manusia sebagai makhluk Allah RAbbul ‘Alamin.
2.5 Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah
SWT.
|
3.
Memahami dan meyakini kebesaran Allah dan mensikapinya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
3.1. Menjelaskan makna dan impelmentasi
dzikrullah.
3.2. Menjelaskan makna dan implementasi tafakkur
dan tadabbur.
3.3. Menampilkan perilaku syukur dalam kehidupan
sehari-hari.
|
KELAS IV (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami dan meyakini serta mengimani
malaikat Allah
|
1.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Malaikat
Allah SWT..
1.2. Menguraikan tugas-tugas Malaikat Allah SWT.
1.3. Menjelaskan perilaku dan sifat Malaikat
Allah SWT.
1.4. Menyebutkan dalil-dalil tentang iman kepada
malaikat Allah SWT.
1.5. Menampilkan perilaku Taabbudy
dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
Memahami dan meyakini/mengimani kitab-kitab suci Allah
|
2.1. Menjelaskan hakikat kitab suci Allah.
2.2. Menjelaskan hubungan ayat-ayat Qauliyah dan
Kauniyah.
2.3. Menjelaskan Mu’jizat al-Qur’an
2.4. Menyebutkan dalil tentang
mu’jizat al-Qur’an.
|
3.
Memahami fungsi kitab suci Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1. Menjelaskan fungsi Al-Qur’an sebagai
pedoman hidup.
3.2. Menampilkan perilaku Qur’ani dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4.
Memahami dan meyakini/mengimani Rasul-Rasul Allah.
|
4.1. Menjelaskan makna dan misi kerasulan.
4.2. Menjelaskan hubungan antara wahyu dan
rasul.
4.3. Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT.
4.4. Menyebutkan rasul-rasul yang mendapat gelar
ulul ‘azmi.
4.5. Menguraikan makna mu’jizat bagi para Rasul.
4.6. Menguraikan kerasulan Muhammad SAW sebagai
khatamil anbiya wal mursalin.
4.7. Menyebutkan dalil tentang iman kepada
rasul-rasul Allah.
|
5.
Memahami dan meneladani perilaku Rasul dalam kehidupan sehari-hari.
|
5.1. Menjelaskan fungsi Rasul sebagai “uswatun
hasanah”.
5.2. Menjelaskan kerasulan Muhammad SAW. Sebagai
rahmatan lil ‘alamin.
5.3. Menampilkan perilaku mulia sebagaimana
dicontohkan para Rasul.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akhlak
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal perbuatan yang baik dan yang
buruk
|
1.1. Menampilkan perilaku sayang kepada diri
sendiri.
1.2. menampilkan perilaku sayang kepada teman.
1.3. Menampilkan perilaku taat pada orang
tua/guru.
1.4. Menjauhi perilaku mengganggu orang lain.
1.5. Menjauhi perilaku menyakiti orang lain
1.6. Menjauhi perilaku membuat onar.
|
2.
menghafal doa-doa keseharian
|
2.1. Menyebut doa mau makan di luar kepala.
2.2. menyebut doa setelah makan diluar kepala
|
3.
Mengenal perbuatan yang baik dan yang buruk.
|
3.1. Menamilkan perilaku sayang kepada
tumbuh-tumbuhan.
3.2. Menampilkan perilaku sayang kepada
hewan/binatang.
3.3. Menampilkan perilaku sopan pada orang
tua/guru.
3.4. Menjauhi perilaku menyakiti diri sendiri.
3.5. Menjauhi perilaku menyakiti orang lain.
3.6. Menjauhi perilaku menyakiti hewan/binatang.
37. Menjauhi perilaku merusak tanaman.
|
4.
Menghafal doa-doa keseharian
|
4.1. Menyebutkan doa mau masuk kamar mandi.
4.2. Menyebutkan doa keluar dari kamar mandi.
4.3. Menyebutkan doa mau tidur.
4.4. Menyebutkan doa bangun tidur.
4.5. Menyebutkan doa untuk orang tua.
4.6. Menyebutkan doa keselamatan di dunia dan
akhirat.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal perbuatan yang baik dan yang
buruk serta menghafal dalilnya.
|
1.1. Mengenal perbuatan baik yang disukai oleh
orang lain (menolong, menyayangi, menghormati, dan menghargai)
1.2. Menjauhi perbuatan buruk yang tidak disukai
oleh orang lain (mengganggu, menghina, membentak, memukul dan menyakiti).
1.3. Membiasakan perbuatan baik yang disukai
oleh orang lain dimana saja berada.
1.4. Menjauhkan diri dari perbuatan buruk yang
tidak disukai oleh orang lain dimana saja berada.
1.5. Menyebutkan dalil tentang perbuatan baik
dan perbuatan buruk.
|
2. Menghafal doa-doa keseharian.
|
2.1. Menyebutkan doa ketika keluar rumah.
2.2. Menyebutkan doa ketika tiba di rumah
2.3. Menyebutkan doa mau belajar.
2.4. Menyebutkan doa selesai belajar.
2.5. Menyebutkan doa ketika bertemu dengan
binatang.
2.6. Menyebutkan doa ketika mendengar
halilintar.
2.7. Menyebutkan doa ketika melihat sesuatu yang
mengagumkan.
|
3.
Mengenal akhlaq Islam
|
3.1. Menyebutkan pengertian akhlak
3.2. Menyebutkan dalil tentang pentingnya akhlaq.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menguasai 500-850 kosakata baru dengan
sturktur kalimat (tarkib al-kalimat) yang baik dan benar, sesuai dengan tema-tema
yang tersedia dalam materi pokok (keagamaan, social, budaya, ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni), santri didik memiliki skill untuk memahami teks-teks
berbahasa arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya’ muwajjah.
|
Dengan
menggunakan 62-106 mufradat baru dan sturktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
mengggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya’ muwajjah sesuai
tema dalam materi pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Santri
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam mteri pokok.
Dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk
Santri mampu membaca, memahami, berbicara
dan menulis dalam insya muwajjah sesuai tema dalam materi pokok dengan
menggunakan 62-106 mufradiat baru dan struktur kalimat yang mengandung
bentuk-bentuk :
Selain
mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam insya muwajjah sesuai
tema dalam bentuk materi pokok.
|
KELAS III (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal Akhlak Mahmudah serta
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1. Menyebutkan pengertian akhlak mamhmudah
1.2. Menyebutkan akhlak mahmudah kepada Allah..
1.3. Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada
Allah (Syukur,Sabar, Ikhlas).
1.4. Mengenal kiah orang-orang yang bersyukur,
sabar, ikhlas.
1.5. Menyebutkan dalil-dalil
tentang berakhlak mahmudah kepada Allah (syukur, Sabar, Ikhlas).
|
2.
Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1. Menyebutkan akhlak mahmudah kepada diri
sendiri..
2.2. Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada
diri sendiri meliputi Qana’ah, Tawadlu’, Syaja’ah, dan samahah.
2.3. Mengenal kisah orang-orang yang Qana’ah,
Tawadlu’, Syaja’ah, dan Samahah.
2.4. Menyebutkan dalil-dalil
tentang Qana’ah Tawadlu’, Syaja’ah, dan Samahah.
|
KELAS IV (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam
kehidupan sehari-hari.
|
1.1. Menyebutkan akhlak mahmudah kepada orang
lain.
1.2. Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada
orang lain (kasih sayang, ukhuwah, sakha/dermawan, senang menolong, tawadlu’,
dan pemaaf.
1.3. Mengenali kisah orang-orang yang berperilaku
kasih sayang, ukhuwah,sakha/dermawan, senang menolong, tawadlu’ dan pemaaf.
1.4. menebutkan dalil-dalil tentang kasih sayang
ukhuwah, sakha/dermawan, senang menolong, tawadlu’,dan pemaaf.
|
2.
Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1. Menyebutkan akhlak mahmudah kepada alam
lingkungan.
2.2. Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada
diri sendiri meliputi Qana’ah, Tawadlu’, Syaja’ah, dan samahah.
2.3. Mengenal kisah orang-orang yang Berprilaku
cinta kebersihan , sayang binatang, sayang tumbuh-tumbuhan, dan cinta
lingkungan sehat
2.4. Menyebutkan dalil-dalil
tentang cinta kebersihan, sayang binatang, sayang tumbuh-tumbuhan dan cinta
lingkungan sehat
|
3.
Membiasakan diri menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah dalam kehidupan
sehari-hari, cinta kebersihan, saying binatang, saying tumbuh-tumbuhan dan
cinta lingkungan sehat.
|
3.1. Menyebutkan pengertian akhlak madzmumah
3.2. Menyebutkan akhlak madzmumah kepada Allah
Swt.
3.3. Menjauhkan diri dari syirik, munafik, dan
fasik
3.4. Mengenal kisah akibat bagi orang-orang yang
syirik, munafik, dan fasik.
3.5. Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan
syirik, munafik, dan fasik.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Tarikh
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN
TARIKH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Tarikh dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal sejarah Nabi-Nabi selain belum
Nabi Muhammad SAW.
|
1.1. Mendengarkan sejarah Nabi Adam AS
1.2. Mendengarkan sejarah Nabi Idris AS
1.3. Mendengarkan sejarah Nabi Luth AS
1.4. Mendengarkan sejarah Nabi Hud AS
|
2. Mengenal sejarah Nabi-Nabi selain Ulul Azmi
|
2.1 Mendengarkan sejarah Nabi SolehAS
2.2. Mendengarkan sejarah Nabi Zakariya AS
2.3. Mendengarkan sejarah Nabi Yahya AS
|
3.
Mengenal sejarah Nabi-Nabi Ulul Azmi
|
3.1. Mendengarkan sejarah Nabi Ilyas AS
3.2. Mendengarkan sejarah Nabi Ilyasa AS
3.3. Mendengarkan sejarah Nabi Dzulkifli AS
3.4. Mendengarkan sejarah Nabi Ismail AS.
3.5. Mendengarkan sejarah Nabi Ishak AS.
3.6. Mendengarkan sejarah Nabi Yusuf AS.
3.7. Mendengarkan sejarah Nabi Ya’kub AS
3.8. Mendengarkan sejarah Nabi Syu’aib AS
3.9. Mendengarkan sejarah Nabi Harun AS
3.10. Mendengarkan sejarah Nabi Sulaiman AS
3.11. Mendengarkan sejarah Nabi Dawud AS
3.12. Mendengarkan sejarah Nabi Nuh AS
3.13. Mendengarkan sejarah Nabi Ayub AS
3.14. Mendengarkan sejarah Nabi Musa AS.
3.15. Mendengarkan sejarah Nabi Isa AS
3.16. Mendengarkan sejarah Nabi Ibrahim AS
|
4.
Mengetahui Kondisi Jazirah Arab sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
4.1. Mengetahui Peta jazirah Arabia
4.2. Mengetahui Keyakinan masyarakat jahiliyah
4.3. Mengetahui Kondisi social ekonomi
4.4. mengetahui Kondisi Sosial Politik.
4.5. Mengetahui suku-suku bangsa Arab
4.6. Mengetahui Kebudayaan masyarakat jahiliyah
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menenal sejarah Nabi Muhammad SAW. Pada
masa kelahirannya.
|
1.1. Mendengar peristiwa kelahiran Nabi Muhammad
SAW.
1.2. Peristiwa-peristiwa penting pada masa
kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
2. Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada
masa kecil.
|
2.1. Mendengar figure ayah dan ibu mahammad SAW.
2.2. Mendengar sejarah Muhammad dalam asuhan ibu
kandungnya
2.3. Mendengar sejarah Muhammad dalam asuhan
orang lain
2.4. Mendengar peristiwa wafatnya ibu kandng
Muhammad SAW.
2.5. Mendengar sejarah Muhammad SAW. dalam
asuhan kakeknya (Abdul Muththalib)
2.6. Mendengar sejarah Muhammad SAW dalam asuhan
Pamannya (Abu Thalib)
2.7. Mendengar sosok Nabi Muhammad sebagai
pengembala kambing
2.8. Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang
dimiliki Muhammad SAW. di masa kecil
2.9. Menyebut sifat-sifat terpuji yang dimiliki
Nabi Muhammad di masa kecil.
10.2.Menunjukkan perilaku
mencontoh sifat terpuji Nabi Muhammad SAW di masa kecil..
|
3.
Mengenal sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa dewasa
|
3.1. Menceritakan kisah Muhammad SAW saat
mengikuti pamannya berdagang.
3.2. Menceritakan kisah Muhammad SAW saat
dipercaya membawa barang dagangan Siti Khadijah.
3.3. Menyebutkan sebab-sebab keberhasilan
perdagangan Nabi Muhammad SAW.
3.4. Menampilkan perilaku Nabi yang dapat
ditauladani dalam bidang perdagangan.
3.5. Menceritakan proses peristiwa pernikahan
Muhammad SAW dengan Siti Khadijah.
3.6. Menyebutkan keteladanan Muhammad SAW dan
Khadijah dalam membina keluarga.
3.7 Mencerminkan perilaku pentingnya mencontoh
keluarga Muhammad SAW dalam keluarga dan lingkungan.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal sejarah Nabi uhammad SAW pada
masa Kenabian Periode Mekah
|
1.2. Menceritakan kehidupan
Muhamad SAW menjelang pengangkatan kenabian
2.2. Menceritakan kisah pengangkatan kenabian
Muhammad SAW.
3.2. Menceritakan keadan Muhammad dan keluarga
di awal kerasulannya.
4.2. Mengenal ayat-ayat al-Qur’an yang turun di
masa awal kenabian Muhammad SAW.
5.2. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
penjiwaan terhadap kenabian Muhammad SAW.
6.2. Menceritakan tentang da’wah Rasulullah SAW
secara sembunyi-sembunyi.
7.2. menyebutkan nama-nama sahabat yang masuk
Islam.
8.2. Menyebutkan pelajaran yang
diambil dari metode berdakwah di masa awal.
9.2. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
penjiwaan terhadap perjuangan Rasulullah di masa awal da’wah.
|
2. Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada
masa Kenabian Periode Madinah
|
1.2. Menjelaskan Struktur social
masyarakat Madinah khususnya persaingan antar suku.
2.2. Menyebutkan factor-faktor
yang menyebabkan masyarakat Madinah menerima Islam.
3.2. Menjelaskan keadaan ekonomi
masyarakat Madinah.
4.2 Menjelaskan perkembangan
da’wah rasulullah di Madinah.
5.2. Menjelaskan peran Nabi dalam
menyatukan kelompok Muhajirin dan Anshar
6.2. Menjelaskan perkembangan kondisi social dan
kehidupan beragama di Madinah.
7.2. Menceritakan gangguan kaum
kafir Quraisy terhadap kaum muslimin Mekkah dan Madinah.
8.2. Mengenal peristiwa perang
Badar dan Uhud
9.2. Menjelaskan peristiwa
perjanjian Hudaibiyah
10.2.Mencerminkan perilaku
toleransi dalam dalam beragama sebagaimana keragaman agama di Madinah.
11.2. Mengenal sebab-sebab dan
peristiwa peperangan yang diikuti Rasulullah (ghazwah)
12.2. Mengenal sebab-sebab dan
peristiwa peperangan yang diikuti sahabat Rasulullah (Sariyyah)
13.2. Menyebut nama-nama peperangan
yang diikuti Rasulullah dan para Sahabatnya.
14.2. Mencerminkan sikap anti
kekerasan dalam berda’wah dan menanamkan metode da’wah secara damai.
|
3. Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada
Masa akhir hayatnya.
|
3.2. Menjelaskan peristiwa Haji wada’
3.3. Menjelaskan peristiwa Amul Fath
3.4. Memahami isi khutbah haji wada’
3.5. Menceritakan kisah wafatnya
Rasulullah SAW.
3.6. Memahami Muhammad, Nabi/Rasul
akhir zaman
|
KELAS IV (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal Sejarah Islam masa kahlifah Abu
Bakar
|
1.1. Menerangkan sissilah dan kedudukan Abu
Bakar Siddieq
1.2. menjelaskan kehidupan Abu Bakar As-Siddieq
sebelum dan setelah masuk Islam dan hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.
1.3. menerangkan persahabatan dan kesetiaan Abu Bakar ra terhadap
Rasulullah SAW dalam berda’wah.
1.4. mencerminkan perilaku meneladani
sifat-sifat kemulyaan Abu Bakar ra.
|
2.
Mengenal sejarah Islam masa khalifa Umar bin Khattab
|
2.1. menerangkan silsilah dan kedudukan Umar Bin
Khatthab ra.
2.2. Menjelaskan kehidupan Umar bin Khaththab ra
sebelum dan setelah masuk Islam dan hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.
2.3. Menerangkan persahabatan dan kesetiaan
Usman Bin Affan ra terhadap Rasulullah SAW dalam berda’wah.
2.4. Mencerminkan perilaku
meneladani sifat-sifat kemulyaan Umar Bin Khaththab ra..
|
3.
Mengenal Sejarah Islam masa Khalifah Utsman bin Affan
|
3.2.Menerangkan silsilanh dan
kedudukan Usman bin Affan ra
3.3.Menjelaskan kehidupan Usman bin
Affan ra sebelum dan setelah masuk Islam dan hubungannya dengan Nabi Muhammad
SAW
3.4.Menerangkan persahabatan dan
kesetiaan Usman bin Affan ra terhadap Rasulullah SAW dalam berda’wah.
3.5.Mencerminkan perilaku meneladani
sifat-sifat kemulyaan Usman bin Affan ra.
|
4. Mengenal sejarah Islam masa
khalifah Ali bin Abi Thalib
|
3.2. menerangkan silsilah dan
kedudukan Ali bin Abi Thalib ra.
3.3. Menjelaskan kehidupan Ali bin Abi Thalib ra
sebelun dan setelah masuk Islam dan Hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW.
3.4. Menerangkan persahabatan dan kesetiaan Ali
bin Abi Thalib ra terhadap Rasulullah SAW dalam berda’wah.
3.5. Mencerminkan perilaku meneladani
sifat-sifat kemulyaan Ali bin Abi Thalib ra.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN
BAHASA ARAB
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Bahasa Arab dan
mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I (ULA/AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mampu membaca dan meunulis teks berbahasa
Arab yang sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata
pelajaran Al-Qur’an, Hadis, aqiqah,akhlak, fiqih, dan tarikh
|
3.1. Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai tema dalam materi pokok dangn menggunakan 10-15 mufradat baru dengan
alokasi waktu 4 jam pelajaran. (1 JP = 35 menit x 4 JP = 140 menit).
3.2. Menyalin teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan mufradat baru tersebut.
3.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
|
2. Menguasai
120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata
pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh.
|
4.1 Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. Menyalin Teks berbahasa Arab secara
terpisah dan digabung sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan
mufradat baru tersebut.
4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
|
KELAS II (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah,
akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan pada pemahaman tentang klasifikasi
kata (isim [benda=sifat, huruf]
|
1.1. membaca teks berbahasa arab sederhana yang
sesuai dengan tema dlam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
1.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat baru.
1.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
1.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa Arab yang meliputi
|
2.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat sederhana (kalam, kalim, qaul,
kalimah, jumlah).
|
4.1. Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dalam materi pokok dengn menggunakan mufradat baru.
4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
4.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa Arab yang meliputi
|
3.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat yang sederhana.
|
4.1. Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat baru.
4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
4.4. Melakukan Dialog (muhadatsah) sederhana
4.5. Mengenal unsur-unsur kalimat dalam struktur
bahasa arab yang meliputi
|
KELAS III (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis,
aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat
sederhana (mubtada dan khabar)
|
5.1. Membaca teks berbahasa arab sederhana yang
sesuai dengan tema dlam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
5.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat baru.
5.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
5.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa Arab yang meliputi :
|
2.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat sederhana yang meliputi
|
6.1. Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
6.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dalam materi pokok dengn menggunakan mufradat baru.
6.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
6.4. Melakukan dialog (muhadatsah) sederhana.
6.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa Arab yang meliputi
|
KELAS IV (ULA / AWALIYAH) semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah,
akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan pada sruktur kalimat sederhana.
|
1.2. Memahami teks berbahasa Arab
sederhana yang sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
2.2. menulis sesuai tema dalam materi pokok
dengn menggunkan 50 -75mufradat baru.
3.2. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
4.2. Melakukan Dialog (muhadatsah) sederhana.
5.2 Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa arab.
|
2. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah,
akhlak, fiqih dan tarikhdengan penekanan pada struktur kalimat sederhana.
|
1.2. Memahami teks berbahasa Arab
sederhana yang sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 50-75 mufradat baru
2.2. menulis sesuai tema dalam materi
pokok dengn menggunkan 50 -75mufradat baru.
3.2. Menyebutkan mufradat baru
beserta artinya sesuai dengan tema pokok.
4.2 Melakukan Dialog (muhadatsah) sederhana
5.2. Mengenal unsure-unsur kalimat
dalam struktur bahasa arab.
|
lebih mantap lagi kalau ada RPP dan Silabusnya ,,,terima kasih
BalasHapusijin copi pak ....
BalasHapus